Cara Mudah Menghitung Estimasi Premi dari Asuransi Mobil Anda

Posted by KarimGanas on November 26, 2021 in , ,

 


 

Membeli asuransi mobil sudah menjadi langkah umum yang diambil pemilik kendaraan sebagai bentuk perlindungan. Namun, beberapa orang masih ragu mengambilnya, sebab mereka belum tahu cara menghitung premi asuransi kendaraan murah. Kalau sampai salah ambil, Anda bakal membayar sejumlah uang yang belum tentu sebanding dengan layanannya.

Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk memperkirakan premi asuransi kendaraan? Berikut cara yang bisa Anda ambil untuk memperoleh estimasi premi sesuai bujet dan kebutuhan.


Tentukan jenis asuransi melalui kuesioner


Untuk memudahkan penentuan jenis kuesioner, Anda biasanya akan diminta mengisi kuesioner singkat. Dengan langkah tersebut, pemilik kendaraan diharapkan memperoleh rekomendasi jenis asuransi kendaraan yang mereka perlukan, salah dua di antaranya adalah All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Kuesioner tersebut umumnya berisi sejumlah pertanyaan, di antaranya seputar kondisi jalan yang sering Anda lewati setiap hari, dari saat kondisi jalan lengang hingga sangat padat. Setelah selesai menjawab daftar pertanyaan tersebut, Anda akan meneruskannya dengan memilih kategori usia mobil. Pilihan tersebut dimulai dari 0-3 tahun sampai 10-12 tahun. Di bagian akhir, ada pilihan apakah mobil yang Anda beli merupakan jenis yang baru atau bekas.

Cek semua pertanyaan dan jawaban yang Anda isi, lalu nantinya perusahaan asuransi akan memberikan rekomendasi asuransi kendaraan yang cocok. Jika Anda dapat asuransi All Risk, maka mobil akan mendapatkan jaminan atas risiko kecelakaan kecil hingga yang parah. Anda bahkan bisa mengajukan klaim kalau mobil mengalami lecet pada bodinya.

Sementara asuransi Total Loss Only hanya diberikan kepada mobil yang mengalami kerusakan parah di atas 75% hingga kehilangan. Dengan kata lain, lecet atau benturan kecil tak akan dibayar oleh pihak asuransi. Namun, premi yang dikenakan pada asuransi TOL lebih rendah daripada All Risk.


Estimasi premi asuransi berdasarkan harga dan wilayah


Sebagian besar perusahaan asuransi sudah menyediakan kalkulator premi asuransi mobil di website resmi atau marketplace khusus asuransi. Menghitung estimasi premi dengan cara ini lebih mudah ketimbang mengisi kuesioner. Anda hanya perlu memasukkan harga mobil yang akan dibeli beserta lokasi atau wilayah kendaraan terdaftar.

Kalkulator nantinya akan menampilkan jenis proteksi yang sesuai, All Risk atau Total Loss Only. Estimasi premi yang dikenakan, baik per bulan atau per tahun, bakal ditampilkan. Jumlahnya dapat bervariasi sesuai kategori mobil dan wilayahnya.

Perhitungan premi memakai kalkulator di platform online sendiri sudah disesuaikan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 6/SEOJK.05/2017 yang membahas penetapan premi maupun kontribusi pada lini usaha asuransi kendaraan bermotor dan asuransi harta benda.

Mudah-mudahan Anda dapat memilih cara yang tepat dan sesuai untuk menghitung premi dari asuransi mobil!


Sumber:

https://investor.id/finance/268158/bingung-menghitung-premi-asuransi-kendaraan-ini-langkahnya

https://finansial.bisnis.com/read/20211022/215/1457295/cara-mudah-hitung-premi-asuransi-mobil